Friday, September 18, 2015

Sony A7s Jawara Video DSLR dengan Sensor Full Frame


Inilah kamera terbaru dan termahal dari trio A7, dengan keunggulan di ISO tinggi hingga 409,600 sehingga memotret di tempat gelap pun tidak masalah. Selain itu A7s punya sederet fitur lain seperti silent shutter, video 4K dan sensor 12 MP dengan dynamic range 15 stop. Harga $2500 bodi saja saat peluncuran.

Sony Alpha A7-A7R-A7s
Untuk lensanya Sony mengembangkan format FE lens yang bisa dipasang di kamera E-mount, termasuk keluarga A7 ini. Lensa E lama seperti milik Sony NEX juga bisa dipasang di trio A7 tapi akan mengalami crop signifikan akibat vignetting.

Di samping kemampuan low-light mumpuni, ada hal lain yang juga menonjol dari kamera mirrorless terbaru Sony, Alpha 7S atau A7S, yakni aneka fitur yang dirancang untuk perekaman video. Kamera ini, misalnya, merupakan mirrorless full-frame pertama yang mendukung perekaman video 4K (dengan recorder eksternal). Ada pula format XACV yang diklaim mampu merekam video resolusi tinggi dengan efisien sambil menekan ukuran file, kemampuan merekam video HD (1080p) hingga dengan frame rate 100 FPS, serta zebra level untuk memeriksa exposure. Dengan begitu, diharapkan A7S akan mampu menarik segmen pengguna di luar fotografer tradisional. 

Kamera Sony A7s ini memiliki sensor 12.2 effective megapixel 35mm full frame Exmor CMOS terbaru, memang lebih kecil dibandingkan dengan Sony A7 dan A7r. Ternyata hal tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan kemampuan sesnsor full framenya untuk merekam video, kamera ini juga memiliki tingkat sensitivitas terhadap cahaya yang lebih baik. Kamera ini telah ditanamkan sebuah prosesor gambar Bionz X. Paduan itu memungkinkan kamera ini mengambil gambar dengan rentang dinamis dan noise rendah.

Berikut ini beberapa opini saya mengenai kelemahan Sony A7s :
  1. Belum tau kecepatan autofokusnya, terutama saat kondisi gelap. Dari spesifikasi A7S tidak dilengkapi dengan autofokus deteksi fasa, jadi kecepatannya kemungkinan tidak secepat Sony A7 dan kamera DSLR pada umumnya. (Autofocus Sony A7s terbukti cepat di kondisi cahaya yang sangat gelap (Ev-4)).
  2. Koleksi lensa Sony FE sampai saat ini hanya 4-5 saja. Dua diantaranya adalah lensa fix. Yang zoom, menurut beberapa review kurang maksimal. Yang saya tunggu dari Sony adalah lensa zoom lebar setara 16-35mm, dan lensa portrait 85mm.
  3. Harga kamera diperkirakan tidak kurang dari 20 juta, belum termasuk lensa-lensanya
Kamera mirrorless sony a7s ini jika perhatikan lebih baik sebenarnya lebih ditujukan kepada videografer dilihat dari segi spesifikasi dan keunggulannya. Pihak Sony Indonesia belum memberikan informasi harga pasti terhadap jagoan peka cahaya tersebut, namun banyak penggiat teknologi terutama fotografer yang memberikan perkiraan terhadapnya, beberapanya mengatakan kamera ini akan dijual dijual dengan harga sekitar 27 juta rupiah untuk body saja. Kamera mirrorless full frame terbaru sony tersebut memang terbilang mahal, akan tetapi dengan teknologi serta kemampuan yang apik pada Sony A7S itu saya menyimpulkan bahwa itu merupakan harga yang sesuai. Bagaimana menurut anda tentang sony alpha 7s ??.














Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: