Friday, December 24, 2010

ARTI KARTU MAYOR


0. Kartu Tarot the Fool
merupakan kartu Major Arcana/Mayor Arkana berangka nol yang menggambarkan seorang bocah yang lugu dan naif yang sedang mulai pengembaraannya dalam upaya mencari arti hidup. Hidupnya penuh suka cita, penuh kepolosan dan tak berpikiran terlalu rumit sehingga dia tidak menyadari bahwa langkah-langkah yang akan diambilnya bisa saja menjerumuskan dirinya ke dalam jurang kesulitan.

Arti positif kartu the Fool:
- Kesempatan baru
- Fakta yang mengejutkan
- Jangan berspekulasi
- Jangan gegabah membuat komitmen
- Kepercayaan
- Harapan baru
- Cita-cita
- Tersedianya pilihan baru

Arti negatif kartu the Fool:
- Kecerobohan
- Kambing hitam
- Cuek/masa bodoh
- Apatis/putus asa
- Arrogant/tinggi hati
- Over acting
- Over reaktif

Saran:
Cobalah untuk mempertimbangkan kartu-kartu pendamping di dalam tebaran/spread karena kartu-kartu yang mendampingi The Fool ini adalah point-point dimana anda harus ekstra berhati-hati.

I. The Magician
merupakan kartu Mayor Arkana Tarot bernomor 1. The magician menguasai empat element alam (Api, Air, Udara dan Tanah) melambangkan kepercayaan diri, potensi diri yang mulai berkembang dan kreativitas.

Arti kartu The Magician:
- Ketrampilan
- Diplomasi
- Dengarkan kata hati
- Intuisi
- Percaya diri

Arti negatif The Magician:
- Aib
- Menipu diri sendiri
- Mencari kambing hitam
- Manipulasi

Saran:
Perhatikan kartu-kartu pendamping di dalam tebaran/spread yang digunakan karena disitulah letak point-point penting yang perlu diperhatikan karena terpengaruh oleh kharisma The Magician.

II. The High Priestess
merupakan kartu Arkana Mayor bernomor dua. Melambangkan alam misteri, intuisi,kemampuan paranormal dan pengetahuan spritual. Kartu ini menggambarkan seorang pendeta wanita yang berada di antara dua pilar hitam dan putih yang merupakan simbol esoterik tentang keseimbangan dua alam (nyata dam gaib : Yin dan Yang).

Arti kartu Tarot The High Priestess:

- Intuisi
- Sensitif
- Bimbingan spritual
- Mimpi yang bermakna

Arti negatif kartu Tarot The High Priestess:
- Trauma
- Mudah tersinggung
- Kesalah-pahaman
- Resah akan masa depan
- Terlalu cepat mengambil kesimpulan

Saran:

Jika muncul di dalam tebaran, cobalah untuk memperhatikan intuisi dan mata batin anda dalam melihat dan memutuskan langkah karena apa yang terlihat secara fisik di luar bisa menyesatkan.
The high priestess di dalam peta perjalanan kehidupan berperan sebagai seorang Oracle dimana dia tidak hanya berfungsi sebagai jembatan antara masa lalu, masa sekarang dan masa depan serta penjaga pintu gerbang dua dunia saja, namun dia juga bisa berfungsi sebagai penasehat dengan menggandalkan kebijakan dan ketajaman intuisi.
Berdasarkan teori psikoanalisis oleh Carl Jung bahwasanya tiap manusia memiliki unsur kepribadian Anima dan Animus. Anima merupakan sifat feminin yang ada di alam diri seorang pria sedangkan Animus merupakan sisi pria yang ada di dalam diri seorang wanita.
Berkaitan dengan masalah Anima/Animus, saya melihat sosok The High Priestess (Pendeta Agung Wanita) merupakan simbol esoteric yang paling tepat di dalam kartu Tarot yang dapat mewakili sisi Anima di dalam diri saya. Ada beberapa alasan kenapa The High Priestess merupakan simbol anima kepribadian saya.

Alasan pertama : jika dilihat dari sisi Numerologi maka hasil dari penjumlahan tanggal lahir saya menghasilkan angka 2. Angka dua dalam Arkana Mayor kartu Tarot merujuk pada The High Priestess. Sedangkan alasan yang ke dua: berdasarkan Myers-Briggs dengan sistem MBTI-nya saya merupakan tipe Intuitive Thinker.

Sedangkan kepribadian bayangan saya ada di angka 3 dan 8. Angka 3 di dalam kartu Tarot merujuk pada kartu Arkana Mayor The empress (Kaisar wanita) melambangkan unsur kreativitas dan angka 8 di dalam kartu Tarot merujuk pada kartu Arkana Mayor The Strength (Kekuatan) melambangkan unsur Ego yang menonjol. Dengan adanya sifat bayangan berupa ego yang menonjol, membuat pribadi negatif saya bersifat lebih ke arah pendendam. Sedangkan unsur kreatifitas membentuk pribadi saya yang cenderung mudah bosan terhadap hal-hal yang bersifat monoton.

Dengan menggunakan kartu Tarot dan numerologi yang digabungkan dengan metode psychoanalisis bisa membantu kita mengenali berbagai pribadi manusia yang kompleks namun menarik.

III. The empress (Kaisar Wanita)
Kartu ini dalam Mayor arcana bernomor 3 dan merupakan kartu simbol dewi bumi, dewi kesuburan dan juga Venus. The empress (Kaisar Wanita) mengingatkan kepada diri kita bahwa segala sesuatu itu butuh proses dan waktu untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Arti kartu Tarot:
- Kesuburan
- Kreativitas
- Emosi
- Kesabaran

Arti negatif:
- Adanya masalah kesuburan/reproduksi
- Mandul
- Malas

Saran:
Jika dalam tebaran, kartu The Empress muncul terbalik maka ada kemungkinan apa yang anda inginkan atau pekerjaan yang anda lakukan akan ada kemungkinan mengalami penundaan.
IV. The Emperor
Dalam mayor arkana, kartu ini bernomor 4. Kartu ini menggambarkan posisi yang solid dan stabil serta penuh percaya diri dalam mewujudkan ambisi. Kartu ini menggambarkan figur seorang ayah di dalam bahtera keluarga.

Arti kartu Tarot:
- Adanya fokus akan adanya perubahan hidup
- Dominasi
- Stabilitas
- Wewenang
- Perlindungan

Arti negatif kartu Tarot:
- Adanya goncangan ekonomi/pemasukan keuangan
- Mudah emosi dan tersinggung
- Otoriter
- Keras kepala

Kali pertama saya belajar menggunakan Tarot baik untuk wacana diri sendiri maupun orang lain, saya merasa sangat sulit mengartikan kartu The Empress (Kaisar Wanita). Tidak seperti kartu-kartu lain, begitu muncul di tebaran makna simbolik dari The Empress seolah memblok kesadaran dan intuisi saya. Sehingga sering kali, saya skip atau loncati makna kartu ini.

Akhir-akhir ini, setelah saya coba gali lebih dalam ke diri saya sendiri. Saya coba berkaca dan intropeksi kehidupan pribadi berawal dari masa lalu, sekarang maupun pikiran-pikiran akan masa depan. Dari situlah, saya baru bisa menemukan penyebab utama mengapa begitu sulit bagi saya untuk bisa menangkap simbol-simbol esoterik dari kartu The Empress ini.

Dari kecil saya telah kehilangan ayah dan kemudian disusul dengan perpisahan saya dengan ibu. Dimana masa kecil saya lebih banyak diasuh oleh kakak-kakak. Praktis dalam usia belia, saya telah kehilangan figur orang tua: dua sekaligus yakni ayah dan ibu. Terutama figur seorang ibu. Dengan timbulnya masa traumatis dan kehilangan figur itulah membuat saya sangat sulit memahami makna kartu The Empress baik secara esoterik maupun eksoterik.

Simbol-simbol dalam kartu Tarot membantu saya untuk lebih bisa memahami diri saya sendiri luar dalam termasuk masa-masa traumatis bawah sadar. Dengan kesadaran baru, saya coba memperbaiki diri dan mengurangi dampak-dampak traumatis. Saya pun juga mencoba untuk berpikir dari perspektif ibu saya pada waktu dia meninggalkan saya, pasti ada alasan hingga dia berbuat demikian. Saya coba lebih bijak menyikapi terhadap hal-hal yang sebelumnya sangat menyakitkan.

Dengan melakukan kontemplasi dan intropeksi diri, akhirnya saya menemukan jawaban dari penyebab mengapa sulit bagi saya menangkap simbol esoterik kartu The Empress. Bahwasanya penyebab utama masalah ini adalah kehilangan figur ibu sehingga muncul penolakan secara tidak disadari tatkala kartu tersebut muncul dalam tebaran kartu. Mungkin juga karena benci atau kesal, saya sendiri tidak bisa menjelaskan secara pasti.

Maka tiap kali kartu The Empress ini muncul, pertama kali hal yang saya lakukan adalah dengan cara mencoba memaafkan dan memahami ibu saya. Selanjutnya biarlah segalanya mulai mengalir.

V. The Hierophant
ini bernomor 5 dan menggambarkan sesosok Pendeta yang telah matang dan tengah duduk di sebuh singgasana. Singgana yang dia duduki berbeda dengan singgasana sang Kaisar karena singgsana yang diduduki olehnya merupakan simbol akan kekuasaan atas dunia spiritual.

Arti kartu Tarot:
- Adanya upaya mencari kebenaran akan suatu peristiwa
- Perkawinan; kerja sama; konsipirasi

Arti negatif dalam kartu Tarot:
- Munafik
- Mental yang lemah; kurang ketegasan
- Butuh kesabaran

Saran:
Jika kartu ini muncul dalam tebaran yang berkaitan dengan hubungan pribadi, cobalah untuk bersabar dan mencoba lebih memahami pasangan sebelum memutuskan untuk berpisah.

VII. The Chariot (Kereta Perang)
di dalam kartu Tarot Arcana Major bernomor 7. Nampak seorang satria mengendarai kereta perang dengan kondisi ke dua kuda yang saling berlawanan baik warna maupun arahnya.
Arti dalam kartu Tarot: - Kebingungan dan tergesa-gesa dalam menentukan langkah
- Tidak ada fokus dan target
- Saling bertentangan satu dengan yang lainnya
- Tidak adanya perencanaan
- Perlu kendali diri

Arti negatif:
- Pertikaian: kegagalan: pengadilan

Saran:
Waspadalah dan jangan terburu nafsu dalam mengambil langkah.
VIII. The Strength (Kekuatan)
di dalam kartu Tarot Arcana Major bernomor 8 namun di versi Tarot lain ada yang menamakan sebagai The Lust (Nafsu) dan bernomor 11. Kartu ini menggambarkan seorang gadis yang berhasil menaklukkan seorang singa. Sebagai gambaran bahwa hendaknya kita mampu mengendalikan hawa nafsu dengan sikap lembut dan penuh kedewasaan.

Arti dalam kartu Tarot:
Dituntut keberanian dalam mengatasi masalah dan mengambil sikap namun dengan penuh kedewasaan.

Arti negatif:
- Egois
- Pelit
- Terlalu agresif
- Perpecahan
- Hubungan yang tidak harmonis

IX. The Hermit (Sang Petapa)
dalam kartu Tarot Arcana Major bernomor 9. Kartu ini menggambarkan seorang pria yang sudah tua dan penuh pengalaman tengah membawa lentera kehidupan dalam upayanya mencari arti kehidupan hakiki.

Arti dalam Tarot:
- Kebijakan
- Intropeksi diri
- Kehati-hatian

Arti negatif:
- Kesepian
- Terkucil
- Sulit dipahami orang lain
- Pikiran yang kolot/konservatif

Saran:
Jika kartu ini muncul, ada saran agar selayaknya kita janganlah berprasangka buruk terhadap orang lain. Cobalah berempati terhadap orang tersebut.

X. The Wheel of Fortune (Roda Keberuntungan)
di dalam kartu Tarot Arcana Major bernomor 10. Kartu ini menggambarkan sebuah roda kehidupan yang berputar-putar mengelilimgi simbol-simbol kehidupan dan keseimbangan alam.
Arti dalam kartu Tarot: - Takdir
- Rejeki
- Keberhasilan
- Perubahan hidup
- Keberuntungan

Arti negatif: - Sial
- Halangan
- Harapan meleset

Saran: Jika kartu ini muncul dalam tebaran, disarankan agar kita bersabar dan biarkan segalanya berjalan sesuai takdir dari yang Maha Kuasa.
XI. The Justice (Pengadilan)
di dalam kartu Tarot Arcana Major bernomor 11. Di dalam versi kartu Tarot yang lain kartu The Justice ini memiliki nomor 8, bertukar posisi dengan kartu The Strength (Kekuatan). Kartu ini menggambarkan seorang hakim wanita yang memegang pedang dan timbangan sebagai lambang keadilan.

Arti dalam kartu Tarot:
- Hukum dan kemitraan
- Persamaan hak
- Keseimbangan
- Kemenangan

Arti negatif:
- Fanatik
- Perceraian
- Prasanka buruk
- Tindak kekerasan

Saran:
Jika kartu ini muncul dalam tebaran ada saran agar kita lebih memperhatikan keseimbangan kita dalam bersikap dan bertutur kata agar tidak menimbulkan pertikaian.

XII. The hanged man (orang tergantung)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 12. Di dalma kartu ini nampak seorang pria yang tergantung namun dengan ekspresi wajah penuh ketakjuban akan mukjizat dan nurbuat. Kartu ini mengingatkan kita agr sekiranya kita mampu merenungkan kehidupan dan permasalahan yangtengah terjadi dan berseida berkorban jika memang diperlukan.

Arti kartu Tarot: - Kebijakan
- Kewaspadaan
- Cobaan
- Pengorbanan

Arti negatif kartu Tarot: - Egois
- Enggan berusaha
- Kepala batu
- Sulit diajak bekerja sama
XIII. The Death (Kematian)
bagi sebagian besar orang yang melihat kartu ini akan sangat ketakutan dan berpikiran negatif. Terlebih lagi kartu ini di dalam Tarot Major Arcana bernomor 13, yang bagi sebagian orang dianggap sebagai nomor sial. Namun sesungguhnya kartu ini justru mengandung nilai-nilai simbolis positif yang sangat kuat dimana jika kartu The Death (Kematian) muncul di dalam tebaran ramalan kartu Tarot, menandakan bahwa sebentar lagi kehidupan dan perubahan baru akan terjadi di dalam kehidupan si penanya. Kartu ini jarang mengartikan kematian yang sesungguhnya.

Arti kartu Tarot:
- Transformasi
- Moralitas
- Kelahiran
- Permulaan

Arti negatif kartu Tarot:
- Sifat korup
- Kelesuan
- Kerusakan
- Patah semangat
XIV. The Temperance (Kesederhanaan)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 14. Di dalam kartu ini tampak malaikat sedang menimbang-nimbang dan menakar air di dalam piala. Satu kaki berada di darat dan kaki satunya lagi berada di dalam air. Kartu The Temperance mengingatkan kepada kita akan pentingnya bersikap tidak berlebihan, penuh pertimbangan dan penuh dengan kedewasaan.

Arti kartu Tarot:
- Sederhana
- Ekonomis
- Penyesuaian diri

Arti negatif Tarot:
- Konflik
- Ketergantungan
- Perpecahan atau konflik

Fokus: pemulihan dalam masa-masa sakit atau permusuhan.
XV. The Devil (Setan)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 15. Di dalam kartu ini tergambar setan tengah membelenggung dua insan manusia berlawanan jenis. Tampaknya kedua insan itu begitu penuh penderitaan dan tersiksa. Kartu The Devil (Setan) mengingatkan kita akan penderitaan hidup yang disebabkan oleh hawa nafsu dan keserakahan.

Arti kartu Tarot:
- Kekerasan
- Pemaksaan
- Kegagalan
- Hutang yang tidak lunas-lunas
- Mala petaka

Saran:
Jika kartu ini muncul di dalam tebaran ramalan Tarot maka si penanya diharapkan sekali untuk meminta nasehat dari pihak lain dan sanggup memecahkan masalah dengan kepala dingin.

XVI. The Tower (Menara)
di dalam kartu Tarot MAjor Arcana bernomor 16. Di dalam kartu ini tergambar sebuah menara yang hancur lebur terkena sambaran petir. Ilustrasi yang nampak di kartu tersebut begitu mencekam dan menakutkan.

Arti kartu Tarot:
- Kesengsaraan
- Kemalangan
- Tertipu
- Kematian mendadak
- Depresi berkepanjangan
- Penjara

Meskipun kartu ini lebih kuat arti negatifnya namun sesungguhnya jika kartu Tarot The Tower ini muncul di dalam tebaran ramalan maka hal ini menunjukkan titik balik bagi si penanya untuk bangkit berusaha dan fokus pada solusi.
XVII. The Star (Bintang)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 17. Di dalam kartu ini tergambar seorang wanita sedang menuangkan air kehidupan di atas sebuah mata air. Kesan aura positif begitu kuta dan dominan.
Arti kartu Tarot:
- Harapan
- Prospek cerah
- Peluang
- Hadiah
Arti negatif kartu Tarot:
- Kehilangan
- Tidakberdaya
- Tertipu
- Usaha gagal
Fokus di dalam kartu Tarot The Star di dalam tebaran ramalan adalah pada usaha dan harapn di masa depan.
XIX. The sun (Matahari)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 19. Kartu ini menggambarkan sesosok insan manusia yang tengah merayakan kehangatan sinar mentari di dalam kehidupan.
Arti dalam Tarot:
- Kepuasan materi
- Pencapaian prestasi
- Perpaduan yang serasi
- Memperoleh yang diinginkan
Arti negatif dalam Tarot:
- Keberhasilan yang kurang memuaskan
- Janji yang terlalu berlebihan
- Keputusan yang terburu-buru

Saran:
Jika kartu ini muncul di dalam tebaran ramalan Tarot maka disarankan agar kita melihat situasi dan kondisi sebelum memutuskan langkah.
XX. The Judgement (Penghakiman)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 20. Di dalam kartu Tarot ini tergambar beberapa insan sedang menghadapi hari penghakiman di akhir zaman.

Arti dalam kartu Tarot:
- Memperoleh rumah baru, kerja baru atau hubungan baru
- Perubahan hidup
- Perkembangan spiritual

Arti negatif dalam Tarot:
- Penyesalan
- Ketidakpastian
- Pertikaian
- Penundaan

XXI. The World (Dunia)
di dalam kartu Tarot Major Arcana bernomor 21. Kartu ini merupakan kartu Major Arcana terakhir di dalam Tarot dan di dalam kartu ini tergambar seorang yang melayang dikelilingi oleh 4 unsur alam, simbol-simbol materi dan ular yang melingkar sebagai tanda kekekalan dan kesempurnaan.

Arti dalam kartu Tarot:
- Perjalanan jauh
- Memperoleh kesimpulan dari permasalahan
- Kesuksesan
Arti negatif dalam kartu Tarot:
- Keterlambatan
- Macet
- Kurang percaya diri
Numerology adalah ilmu penafsiran berdasarkan angka-angka. Dan dalam mempraktekan ilmu Tarot, numerology memiliki korelasi yang kuat. Dimana semua kartu yang ada di dalam kartu Tarot memiliki penomoran dari 0 hingga 21. Dimana nomor yang tertera di dalam kartu tersebut akan turut mempengaruhi penafsiran arti. Berikut ini contoh sederhana arti nomor:
1 : kreatifitas; ego
2 : persahabatan; sensitive
3 : ketergantungan
4 : Ambisius: dictator
5 : pemberontak: energik
6 : sabar
7 : spritualis
8 : kedewasaan
9 : kesendirian; akhiran
0 : naïf; kekanak-kanakan

Tarot dan Astrology

Tarot juga dapat dikaitkan dengan astrology. Dimana dua jenis permalan ini biasa menghasilkan sinergi dengan akurasi yang tinggi. Berikut ini adalah atribut Tarot astrology berdasarkan kartu Arkana Mayor:
Aries = Emperor
Taurus = Hierophant
Gemini = Lovers
Cancer = Chariot
Leo = Strength
Virgo = Hermit
Libra = Justice
Scorpio = Death
Sagittarius = Temperance
Capricorn = Devil
Aquarius = Star
Pisces = Moon
Di dalam kartu Tarot terdapat beberapa kartu yang dari gambarnya saja sudah bisa membuat orang yang melihatnya menjadi ngeri dan memikirkan sesuatu yang negatif. Kartu-kartu tersebut adalah: The Death, The Devil dan The Tower untuk kartu Arkana Mayor dan 3 of Swords, 9 of Swords dan 10 of Swords.

Sebenarnya semua kartu di dalam kartu Tarot memiliki arti yang positif dan juga negatif. Demikian pula beberapa kartu yang saya sebutkan di atas. Semua tergantung dari konteks permasalahan dan dalam pengartiannya akan sangat bergantung sekali pada pengalaman dan kepiawaian si pembaca kartu tarot itu sendiri.
Semisalnya untuk kartu The Tower; kartu ini tengah menggambarkan runtuhnya sebuah benteng akibat diterjang petir dan badai. Sesungguhnya kartu ini bagi saya justru menggambarkan pertanda baik bagi mereka yang tengah dirundung permasalahan yang berlarut-larut. Sebab dengan kemunculan kartu ini di dalam pembacaan, menunjukkan bahwa tidak lama lagi permasalahan yang tampaknya buntu akan segera mendapat solusi dan jalan keluarnya.

Sedangkan kartu The Death; dari artinya saja sudah cukup membuat hati orang yang melihatnya menjadi miris. Namun bagi saya ini adalah kartu positif yang menandai tumbuhnya atau munculnya harapan hidup baru.

Untuk kartu The Devil, kartu ini jika muncul dalam pembacaan yang berkaitan dengan masalah bisnis menunjukkan bahwa bisnis yang sedang dijalankan akan membuahkan hasil yang lumayan besar dan bila lup daratan akan berakibat yang kurang baik secara moral.

JHUntuk kartu 3 of sword, arti kartu ini berkaitan dengan masalah patah hati. Patah hati yang akan membuat orang yang bersangkutan akan menjadi tumbuh lebih dewasa secara mental dan spritual dalam menyikapi kehidupannya secara menyeluruh.

Kartu 9 of swords dan kartu 10 of swords; kartu depresi. Meskipun artinya demikian, jika muncul dalam pembacaan, kartu ini mengindikasikan bahwa kesedihan dan cobaan yang tengah dihadapi akan segera berakhir dengan akhir yang diluar dugaan.

Sekali lagi, masalah hitam dan putih, positif dan negatif, benar dan salah; semua hal tersebut sifatnya sangat subyektif dan relatif.

Previous Post
Next Post
Related Posts

5 comments:

Elfira Arisanti said...

panjang banget penjelasannya. aku baru tau yang ginian, ternyata ada arti positif dan negatif gitu

Sulthon Fatana said...

hehehe,
ini penjelasan singkatnya mb...
nanti bisa di kembangkan sendiri sesuai dengan kondisi yg di hadapi...

Anonymous said...

kartu no xviii kelewatan bro :D

Anonymous said...

Utk cinta. Kalo yg didapet kartunya, devil, hanged man, sama unnamed arcana itu apa ya artinya?

Anonymous said...

Kalo kartu judgement artinya bagus ga?